Mau Investasi Tanah, Ingatlah 4 Hal Ini Supaya Untung

Mau Investasi Tanah, Ingatlah 4 Hal Ini Supaya Untung. Salah satu investasi yang selalu direkomendasikan oleh konsultan keuangan, orang tua, saudara bahkan mungkin teman kita, saat mempunyai dana lebih adalah menyarankan berinvestasi properti baik itu rumah, kos, ruko maupun tanah. Namun kenyatanya tidak semua investasi properti menguntungkan, karena properti kita akan laku terjual lagi atau harganya naik tergantung dari 4 hal utama yang wajib kita ketahui yaitu :


1. Lokasi.

Umumnya harga tanah yang paling cepat naik berada di wilayah pusat bisnis atau disuatu wilayah yang sedang berkembang baik untuk kawasan pemukiman maupun kawasan industri karena banyak peminatnya sehingga relative mudah diperjual belikan atau likuid.

2. Jangka waktu.
Investasi tanah kurang cocok jika jangka waktu investasinya pendek misalnya dibawah 3 tahun. Sebab kemungkinan kenaikan harga tanahnya belum mampun menutup biaya-biaya pembelian dan penjualannya kembali.

3. Bebas Sengketa.

Jangan membeli tanah yang belum jelas statusnya atau masih dijaminkan kepada pihak lain misalnya masih dalam perkara sengketa di pengadilan karena kasus pembagian harta warisan, harta gono-gini perceraian, terganjal kasus pembebasan tanah, tidak bersertifikat, perkara sita jaminan bank, dan lain-lain.

4. Dokumen atau Surat-surat tanahnya lengkap.

Pastikan bahwa tanah yang dibeli dokumennya lengkap. Seperti Sertifikat tanah (SHM atau SHGB), IMB, kalau ada bangunannya mintalah copy cetak biru bangunannya (blue printnya), SPPT PBB tahun terakhir. Periksalah data-data pada dokumen tanah dengan kenyataan fisiknya (luas tanah, lokasi, masa berlaku, dll)

Transaksi jual beli rumah atau tanah karena melibatkan uang dalam jumlah besar maka saya sarankan Anda untuk memakai jasa notaris yang Anda kenal, atau notaris yang berada di sekitar wilayah tanah atau rumah yang ingin Anda beli. Notaris akan memberikan informasi biaya pajak yang harus Anda sediakan dan mengurus penyelesaiannya.

Itulah 4 hal utama yang kita harus ketahui sebelum berinvestasi properti.

Referensi : promosinet.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Investasi Tanah, Ingatlah 4 Hal Ini Supaya Untung"

Posting Komentar