Cara Fokus dengan Satu Produk dalam memulai Bisnis

Cara Fokus dengan Satu Produk dalam memulai Bisnis. Sudah banyak sekali nasihat-nasihat bijak, dari pebisnis-pebisnis sukses baik dalam negeri maupun luar negeri tentang betapa pentingnya sebuah FOKUS. Dalam dunia bisnis nasihat yang selalu disarankan adalah fokuslah dengan satu produk dahulu dalam memulai bisnis, ketika sudah sukses dengan satu produk baru menambah dengan produk-produk yang lain bahkan produk-produk yang berbeda dengan bidang bisnis awal yang telah sukses di kelola. Kenapa Entrepreneur Harus Fokus Dalam Membangun Hanya Satu Produk

Di awal, penting untuk mengetahui masalah dan membangun solusi secepat mungkin.
Fokus adalah hal yang wajar karena anda tidak memiliki pilihan jalan yang banyak – apakah anda baru meninggalkan pekerjaan tetap anda dengan tabungan pribadi atau jika anda telah berhasil raise fund di tahap awal. Karena hal ini, anda dikejar waktu dan anda harus berjuang keras untuk membangun produk atau layanan anda dengan cepat untuk melihat traction-nya.

Setelah anda menemukan traction dan sebuah produk yang beresonansi dengan customer, sekarang adalah waktunya anda mengambil resiko lagi dan mulai membangun produk yang unik. Di titik ini, anda telah memiliki aktivitas yang lebih banyak dibanding hanya mengkhawatirkan suatu produk saja. Anda harus menjalankan bisnis dari hari ke hari dan membangun tim – semua ini harus anda lakukan di saat anda membuat diferensiasi pada brand anda dan menghasilkan produk yang dicintai banyak orang.

Memang sulit untuk mengingatkan diri anda sendiri bahwa anda tidak bisa memperbaiki semua hal, anda harus belajar untuk mengatakan tidak. Sebagai contoh, ketika customer anda meminta produk yang lain, anda tahu bahwa penawaran ini diingankan oleh customer anda dan penawaran ini pasti akan menjual. Tetapi hanya karena anda bisa melakukannya, itu tidak berarti anda harus melakukannya.

Jika anda mengikuti jalan ini, energi anda akan teralihkan, dari yang awalnya fokus untuk membuat produk yang hebat menjadi produk yang biasa-biasa saja.

Jika anda memandang fokus sebagai fungsi waktu, anda akan menyadari betapa kuatnya hal ini.

Inilah contoh matematikal singkatnya. Jika anda fokus pada sebuah produk selama 30 menit sehari, ini berarti hanya 14 hari setahun anda fokus mengerjakannya. Tetapi jika anda fokus pada satu produk selama 3 jam sehari, berarti anda fokus hampir 86 hari setahun.

Bayangkan perbedaan pada kualitas dan perhatian dari produk yang anda bangun dalam waktu tertentu ini. Sekarang coba bagi tingkat fokus ini ke tim anda yang terdiri dari 10 orang. Ini akan membutuhkan waktu fokus yang lebih dari dua tahun penuh yang dapat disalurkan untuk membangun sesuatu yang luar biasa.

Selain hanya membangun produk yang hebat, fokus juga membantu mengkomunikasikan tujuan produk anda kepada dunia. Ini akan membantu customer anda agar mereka memahami apa yang anda lakukan dan bagaimana perbandingannya.

Dalam kasus produk fisik, komunikasi bisa membuang kompleksitas pilihan agar customer lebih mudah membuat keputusan pembelian. Dalam kasus produk software, komunikasi bisa mencegah user interface yang terlalu luas agar lebih menyenangkan untuk digunakan.

Setelah anda berada di jalur yang benar untuk fokus dan secara terus-menerus mengurangi ruang lingkup fokus anda, ini akan memberikan anda waktu yang lebih banyak agar anda bisa terus fokus membangun pengalaman yang luar biasa, seperti tingkat diferensiasi layanan yang termasuk customer support, waktu pengiriman dan packaging.

Setelah produk kami meraih traction di hari-hari awal Tuft & Needle, lalu kami dihampiri tantangan yang menahan diri kami untuk merilis penawaran produk lainnya. Hal ini benar-benar terjadi terutama di industri dimana pesaing kami biasanya memiliki model yang lebih banyak untuk dipilih. Jika kami ingin mendiferensiasi diri kami, kami harus membuat produk yang menyenangkan secara keseluruhan.

Karena kami hanya memiliki satu produk pada waktu itu, keadaan ini memberikan kami waktu untuk berbincang dengan customer dan mengumpulkan feedback agar kami bisa terus mengiterasi dan membuatnya menjadi lebih baik. Jika kami memiliki produk tambahan untuk didukung, kami tidak akan bisa melakukan ini dengan cepat atau mungkin sama sekali tidak bisa melakukan hal ini.

Fokus juga memberikan kami waktu untuk mengembangkan rantai penawaran yang stabil yang bisa membesar dengan pertumbuhan penjualan kami. Kami memiliki lebih banyak waktu untuk merekrut dan mewawancarai orang, serta mengembangkan proses untuk menyediakan layanan dengan semua hal yang mendukung produk ini.

Dengan fokus sebagai prinsip yang utama, kami bertanya pada diri kami sendiri setiap minggu: bisakah kami mengurangi ruang lingkup fokus kami? Bisakah kami fokus pada hal yang lebih sedikit? Dari proyek yang diambil, apakah ini sesuai dengan misi dan tujuan kami? Akankah customer berpikir bahwa produk kami memiliki terlalu banyak pilihan?

Dengan memiliki misi, hal ini akan berguna untuk membantu menjawab pertanyaan ini. Ini adalah tool yang berguna untuk membangun otonomi pada hal yang harus menjadi fokus utama tim kami. Jika misinya jelas, proyek perusahaan bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Anggota tim juga bisa mempertanyakannya kepada diri mereka sendiri.

Diferensiasikan startup anda. Jangan terlalu banyak membangun produk atau terlalu banyak fitur. Tetap fokus dan buatlah produk yang unik.

Referensi : Startupbisnis.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Fokus dengan Satu Produk dalam memulai Bisnis"

Posting Komentar