Cara Jokowi Mengatasi Kemiskinan

(Cara Jokowi Mengatasi Kemiskinan).Calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai programnya untuk mengatasi kemiskinan.

Jokowi mengatakan, cara untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia yaitu dengan membentuk desa produksi. Pria yang masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan, desa produksi adalah menjadikan sebuah desa sebagai pusat produksi komoditi pertanian.


Namun, ujarnya, produksi itu juga harus ditopang dengan akses permodalan, pemasaran yang baik, serta teknologi pascapanen yang baik.

"Petani betul-betul akan merasa produknya itu menguntungkan sehingga mereka terpacu untuk berproduksi terus," ujar Jokowi di kantor DPP PKPI, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/5).

Selain itu, lanjut Jokowi, kemiskinan juga bisa dikurangi dengan cara membuka lapangan kerja baru. Menurut capres yang berpasangan dengan JK tersebut, lapangan kerja baru bisa tercipta apabila ekonomi bergerak merata dari barat hingga ke timur Indonesia.

Untuk mencapai hal itu, Jokowi menilai, perlu ada penguatan infrastruktur laut, yaitu dengan membuat 'tol laut' atau deap sea port agar kapal-kapal besar setiap hari bisa mendistribusikan barang ke pulau-pulau kecil.

"Kalau ekonomi itu tumbuh dari Sabang sampai Merauke, pasti akan ada pemerataan. 'Tol laut' itu dalam rangka pemerataan," kata dia.

Salah satu visi-misi Jokowi-JK yang tercantum dalam Nawa Cita adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Program kongkritnya yaitu dengan membuka satu juta lahan pertanian baru di luar Jawa serta membangun bank untuk petani dan pelaku usaha kecil.

Masih dalam Nawa Cita, Jokowi juga memiliki program membangun 10 bandara dan 10 pelabuhan baru, membangun 10 area industri yang dilengkapi dengan perumahan untuk buruh, serta membangun 5 ribu pasar tradisional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jokowi Mengatasi Kemiskinan"

Posting Komentar