Cara Bebas Hutang

Cara Bebas Hutang. Hutang merupakan hal yang tidak aneh lagi bagi kita, sehingga banyak dari kita yang pernah berhutang.

  Banyak orang berpikir,tidak ada yang lebih mematikan pertumbuhan keuangan dan ekonomi selain dari hutang.Dengan berhutang kita sama halnya mengurangi penghasilan kita jika uang yang kita pinjam di kenakan bunga,barang yang kita kredit di kenakan harga yang lebih tinggi dari harga penjualan dasarnya.Jadinya uang atau penghasilan kita bukannya bertambah malah menjadi kurang karena di pakai untuk bayar bunga atau tambahan harga dari barang yang kita beli secara kredit.Hutang bukan hanya mengurangi uang atau penhasilan kita saat ini,tetapi juga bisa mengurangi kekayaan yang akan kita raih esok hari.


Bahkan hutang bisa membuat hidup kita bagaikan terpenjara jika hutang kita sudah lewat jatuh tempo.Kita menjadi tidak bebas karena selalu di teror para penagih.Ooh...alangkah malangnya nasib kita jika kita tidak tahu srategi agar terbebas dari hutang.
Apakah Anda ingin ingin bebas dari jeratan hutang?Saatnya Anda harus tahu bagaimana Anda keluar atau terbebas dari utang,selamanya....
Berikut adalah langkah untuk keluar dan bebas dari hutang,selamanya,
  1. Membuat komitmen-Akan ada sesuatu yang sangat kuat yang terjadi ketika Anda membuat komitmen.Caranya,buat catatan untuk komitmen Anda.sekali Anda berkomitmen menuliskannya bahkan menandatatanganinya,itu berarti Anda sudah berselaras dengan komitmen yang telah Anda buat.Kemudian ambil langkah lebih lanjut dengan cara berbagi dengan teman terpercaya atau kerabat dekat,dan mintalah mereka untuk membantu Anda tetap bertanggung jawab untuk tujuan hidup yang bebas hutang.
  2. Cari tahu di mana Anda sekarang berada,dan kemana Anda pergi,di dalam hal ini Anda harus memiliki kejelasan tentang di mana Anda berada dan seberapa banyak hutang Anda.Kemudian buat daftar dari masing-masing kreditur Anda,jumlah utang Anda,dan pembayaran minimum bulanan bersama dengan tingkat bunga.
  3. Buat prioritas,atau prioritataskan hutang Anda dengan saldo terendah dan hak berikutnya hinggah keseimbangan tertinggi.Untuk saldo hutang yang sama,pilih salah satunya dengan tingkat bunga yang lebih tinggi sebagai prioritas pertama pembayaran utang.
  4. Buat rencana belanja.Salah satu kunci untuk keluar dari hutang adalah membayar lebih dari pembayaran minimum.Kemudian rencanakan pengeluaran uang Anda dan ketrampilan manajemen keuangan Anda akan membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan.
  5. Action saja-jangan hanya sekedar teori atau omong kosong,tetapi segera ambil tindakan nyata.Ingatlah,pengetahuan bukanlah satu-satunya kekuatan,akan tetapi tindakanlah yang menghasilkan kekuatan dari pengetahuan.Jika Anda sudah siap,secepat mungkin lunasi utang dengan saldo terendah pertama yang bayar.Lalu,setelah utang pertama di bayar,ambil sejumlah total uang yang Anda bayarkan untuk utang itu,dan putar ke dalam utang berikutnya,dan berikutnya sampai selesai.
  6.  Jangan berhenti dan tetap berjalan-Maksudnya,jika Anda memiliki tantangan tetapi jangan beri kesempatan tantangan tersebut menjadi halangan atau rintangan bagi Anda.Tetaplah bersemangat,jangan sampai berputus asa.Tetaplah fokus dan teruslah berjalan dengan penuh rasa pengharapan.
  7. Simpanlah sejumlah uang-Dalam hal ini,pastikan untuk memiliki minimal pengeluaran satu bulan biaya hidup sebelum Anda memulai langkah-langkah ini.
Nasehat lain agar kita terbebas dari utang.
  • Jika Anda memiliki keinginan tertentu,misalnya ingin memiliki laptop baru atau sepatu baru,usahakan untuk memikirkannya kembali sebelum Anda melakukan tindakan untuk membelinya,apalagi itu membelinya dengan cara kredit.Anda harus melakukan analisa apakah barang itu benar-benar merupakan suatu kebutuhan mendesak bagi Anda,atau hanya sekedar untuk di jadikan koleksi atau melengkapi gaya hidup.Seringkali banyak orang terjebak dengan utang lantaran mereka terlalu royal mengeluarkan uang mereka untuk sebuah keinginan memenuhi gaya hidup tanpa memikirkan akibatnya.
  • Prioritaskan untuk membayar utang sesegera mungkin-Alokasikan dana khusus untuk membayar utang yang sudah lewat jatuh tempo agar utang itu tidak kenakan bunga tambahan atau denda.Banyak orang yang tidak melakukan hal ini,akibatnya tanpa mereka sadari atau tidak utang mereka semakin lama semakin bertambah banyak.
  • Hati-hati dengan perangkap kredit yang di dalamnya ada sistem bunga berbunga.

Demikianlah artikel singkat kiat terbebas dari hutang selamanya,semoga bermanfaat untuk semua.Lebih dan kurangnya silahkan kirim  koment Anda di kolam di bawah ini.Saya sangat mengharapkan koment yang berisi saran untuk perubahan yang lebih baik.

Sumber : 
     -http://17media-kekayaan.blogspot.com

Baca Juga : Dasar Keuangan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Bebas Hutang"

Posting Komentar